Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Kantor Wilayah Sumatera Selatan

KANTOR IMIGRASI KELAS II MUARA ENIM

logo-hitam


SEJARAH

Pada masa pendudukan Hindia Belanda, saat struktur pemerintahan di daerah masih berbentuk Marga, di sepanjang aliran tiga sungai itu terdapat beberapa pemerintahan marga. Di jalur Sungai Enim misalnya meliputi Marga Tamblang Ujan Mas sampai Marga Sungai Rotan. Sedangkan di sepanjang Sungai Lematang meliputi Marga Semendo sampai Marga Tamblang Patang Puluh Bubung. Semuanya bergabung dalam Wilayah Administratif “Onder Afdeling Lematang Ilir”. Kabupaten Muaraenim berada dan tunduk pada “Afdeling Palembang Sche Boven Landen” dengan dipimpin seorang Asisten Residen berkedudukan di Lahat.


WILAYAH KERJA

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: M.02.PR.07.04 Tahun 2004, tanggal 09 Maret 2004 tentang Pembentukan Kantor Imigrasi Klas II Muara Enim, Didalam Wilayah Kerja / Daerah Operasional , meliputi 9 (sembilan) Kabupaten, dan 2 (dua) Kotamadya


STRUKTUR ORGANISASI

Struktur-Organisasi-kelas21


VISI, MISI & MOTO

MASYARAKAT MEMPEROLEH KEPASTIAN HUKUM
MELINDUNGI HAK ASASI MANUSIA
KAMI SIAP MELAYANI DENGAN TULUS


TUGAS & FUNGSI

Tugas : Melakukan Kegiatan Keimigrasian di Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Depok berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
Fungsi : Melakukan Pemberian Dokumen Perjalanan (Paspor R.I.), Izin Berangkat dan Izin Kembali.
Melakukan Penentuan Status Keimigrasian bagi Orang Asing yang berada di Indonesia.
Melakukan Penelitian terhadap kebenaran bukti-bukti Kewarganegaraan Seseorang mengenai Status Kewarganegaraan.